Bahasa memegang peran penting dalam perkembangan peradaban manusia. Tanpa bahasa tidak akan ada dinamika karena bahasa mengantarkan manusia pada proses transformasi itu.  Dengan demikian, bahasa menjadi faktor yang sangat utama dalam kehidupan manusia. Manusia merealisasikan seluruh aspek hidupnya terutama dalam relasinya dengan yang lain dalam berbagai bidang memerlukan bahasa. Perkuliahan Bahasa Indonesia akan mengantarkan mahasiswa yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Mahasiswa akan siap bekerja dalam berbagai bidang yang tentu saja memerlukan proses komunikasi baik secara lisan maupun tulis.  Mata kuliah Bahasa Indonesia tidak hanya membekali mahasiswa secara teknis saja. Melalui Bahasa Indonesia, mahasiswa diperkernalkan pada aspek-aspek pengajaran etika, sopan santun, penghargaan pada otoritas, menghormati Tuhan dan  memuliakan Tuhan. Dalam perkuliahan Bahasa Indonesia akan dibahas hakikat bahasa, pengertian dan penggunaan ragam bahasa tulis, kaidah-kaidah bahasa, pernalaran, dan teknis menulis untuk membuat karya tulis karena program perguruan tinggi lebih memusatkan perhatian pada dunia ilmiah. Karya tulis yang dihasilkan oleh mahasiswa adalah karya ilmiah. Untuk mencapai pemahaman tersebut, mahasiswa akan diberikan topik-topik kuliah mengenai kalimat efektif, paragraf, dan pernalaran, serta banyak latihan mengenai topik-topik tersebut. Hal tersebut akan sangat berguna untuk mencapai kemampuan berkomunikasi melalui bahasa tulis pada mata kuliah lain, dalam dunia kerja, dan dalam kehidupan sehari-hari. 

Keterlibatan mahasiswa dalam upaya pemberantasan korupsi tentu tidak pada upaya penindakan yang merupakan kewenangan institusi penegak hukum. Peran aktif mahasiswa diharapkan lebih difokuskan pada upaya pencegahan korupsi dengan ikut membangun budaya antikorupsi di masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat berperan sebagai agen perubahan dan motor penggerak gerakan antikorupsi di masyarakat. 

Bahasa Inggris adalah bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Abad Pertengahan Awal dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia.[4] Bahasa Inggris dituturkan sebagai bahasa pertama oleh mayoritas penduduk di berbagai negara, termasuk Britania RayaIrlandiaAmerika SerikatKanadaAustraliaSelandia Baru, dan sejumlah negara-negara Karibia; serta menjadi bahasa resmi di hampir 60 negara berdaulat



Kewarganegaraan merupakan bagian dari konsep kewargaan (bahasa Inggriscitizenship). Di dalam pengertian ini, warga suatu kota atau kabupaten disebut sebagai warga kota atau warga kabupaten, karena keduanya juga merupakan satuan politik. Dalam otonomi daerah, kewargaan ini menjadi penting, karena masing-masing satuan politik akan memberikan hak (biasanya sosial) yang berbeda-beda bagi warganya.

sebagai totalitas nilai, tata sosial, dan tata laku manusia Indonesia harus mampu mewujudkan pandangan hidup dan falsafah negara Pancasila ke dalam segala segi kehidupan berbangsa dan bernegara.